8 Desain Tiang Teras Rumah Minimalis dan Mewah

Tiang teras adalah bagian penting dalam desain sebuah rumah, terutama bagi hunian yang mengeksplorasi bagian depannya dengan maksimal. Sehingga butuh desain tiang teras rumah yang tepat dari segi bentuk, ukuran, dan kesesuaian dengan style keseluruhan rumah tersebut.

Memang pada beberapa desain rumah terasnya tidak memiliki tiang, sehingga bagian depan cenderung tidak tertutupi oleh atap dan pelindung. Tapi, cukup riskan ketika Anda ingin menjadikan bagian teras sebagai lokasi nyaman untuk bersantai di saat panas maupun hujan.

Rekomendasi Desain Tiang Teras Rumah Terbaik

Beda tipe rumah dan konsepnya, akan beda pula fungsi dari tiang teras. Ada yang hanya menjadi penyempurna desain, namun tak sedikit pula yang menjadikannya center point dari sebuah rumah. Berikut ini beberapa referensi tiang teras, yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Minimalis estetik

Minimalis estetik

Desain yang satu ini terlihat sederhana tapi, menyimpan nilai estetika tinggi pada eksterior rumah minimalis. Fungsinya, lebih kepada mempercantik konsep rumah dengan pemilihan desain vertikal dan menyatu dari dasar rumah hingga bagian lantai keduanya.

Anda bisa mengadopsi desain ini, untuk memberikan kesan rumah yang lebih kokoh dan unik karena biasanya untuk hunian bertingkat cenderung pakai tiang teras di setiap ujungnya. Sekaligus akan berfungsi sebagai pondasi bangunan.

Untuk bahan, Anda bisa menggunakan material kokoh seperti rangka baja ringan yang dilapisi beton. Kemudian untuk warna tinggal menyesuaikan dengan warna utama atau gradasi warna rumah Anda.

2. Kayu Alami

Kayu Alami

Untuk rumah kayu, memang sebaiknya menggunakan tiang teras kayu yang super kokoh supaya tahan terhadap berbagai cuaca. Tiang kayu ini juga sekaligus bisa dijadikan pondasi, ketika Anda ingin memberikan kanopi di bagian luar rumah dengan bahan kaca atau fiber.

Pilih jenis kayu yang memang diperuntukkan bagi pondasi rumah dan tiang penyangga. Pastikan saja kayu tersebut anti rayap seperti kayu jati, kamper, meranti merah, bangkirai, akasia, atau merbau.. Selain kuat, kayu ini juga mudah dibentuk sesuai keinginan.

3. Marmer Klasik

Marmer Klasik

Jika rumah Anda mengusung perpaduan konsep klasik dan modern, tiang teras yang dipilih bisa menggunakan bahan marmer warna alami dengan desain seperti pipa. Cocok untuk dipadukan dengan rumah beton bahkan rumah kayu sekalipun.

Motif marmer yang digunakan, juga bisa dipilih karena saat ini banyak marmer ukuran besar yang bisa dipadukan pada tiang penyangga bagian luar rumah. Selain tampilan kokoh, tiang marmer ini juga mampu menambah nilai seni dari hunian Anda.

4. Batu Alam Mozaik

Batu Alam Mozaik

Batu alam juga bisa dijadikan material utama untuk membuat tiang teras rumah. Kekuatan batu tersebut bisa menopang beban skala besar, baik hanya untuk menopang atap maupun bangunan lantai di atasnya.

Banyak jenis batu alam yang bisa Anda pilih, untuk dijadikan tiang teras dengan desain mozaik bernilai seni tinggi. Diantaranya, batu andesit yang variannya juga sangat banyak. Kemudian ada batu candi, yang memiliki tekstur kasar di permukaannya dan warna cenderung abu-abu gelap

Ada lagi batu alam paras Jogja, untuk Anda yang ingin menampilkan kesan eksklusif pada tiang teras. Selanjutnya tinggal membuat desain mozaik, dimana batu disusun menumpuk vertikal dengan panjang dan lebar yang proporsional. Begitu juga dengan tingginya yang disesuaikan dengan tinggi bangunan.

5. Batu Klasik

Batu Klasik

Menghadirkan nuansa zaman prasejarah yang didominasi bebatuan, juga bisa menyempurnakan konsep hunian Anda. Tiang teras bisa menjadi visualisasi konsep bebatuan tersebut, dengan memilih bebatuan alam dari sungai hingga pegunungan, kemudian didesain membentuk pondasi yang kokoh.

Sangat cocok diaplikasikan untuk teras bagian depan rumah bernuansa Eropa atau Timur Tengah. Bisa juga untuk menghiasi bagian teras belakang, dengan langsung menampilkan pesona kolam renang pribadi Anda.

Perpaduan bebatuan dengan tembok kokoh dan sedikit ornamen kayu, akan menjadi sebuah perpaduan konsep yang punya nilai histori hingga eksotisme tinggi.

6.  Kayu Vintage

Batu Kayu Vintage

Kalau Anda sering nonton film koboy zaman dulu, mungkin tak asing dengan desain tiang yang satu ini. Memadukan unsur alam secara maksimal, yaitu batu alam disusun secara mozaik kemudian dipadu dengan bagian kayu pada atasnya dan langsung menyatu dengan bagian atap teras Anda.

7. Beton Putih Elegan

Beton Putih Elegan

Sepintas desain ini terlihat biasa saja, dimana tiang teras dibuat dari bahan beton dengan sentuhan cat putih. Tapi, eksistensinya sangat penting untuk menyempurnakan konsep klasik pada rumah. Sekaligus menjadi penegas area teras, dengan menyambungkannya dengan pagar teralis yang juga dicat putih maksimal.

8. Big and Beautiful

Big and Beautiful

Penggunaan desain ini cocok untuk rumah super luas karena membutuhkan perpaduan unsur granit, beton, dan batu alam yang memiliki ukuran super besar. Tapi, pastinya akan menghadirkan kesan mewah pada rumah Anda.

Bukan hal sulit untuk mencari desain tiang teras rumah, dengan bantuan referensi di atas. Setidaknya Anda sudah punya gambaran desain mana yang bisa diadopsi untuk membuat tampilan eksterior rumah lebih menakjubkan. Pricelock.co.id

Tinggalkan komentar