7 Desain Taman Depan Minimalis (Teras Rumah) Trend

Taman merupakan salah satu bagian rumah yang tak bisa dikesampingkan. Kehadirannya mampu menjadi penyegar di hunian, terutama di wilayah perkotaan. Desain taman depan minimalis di bawah ini akan memberikan Anda inspirasi untuk memanfaatkan lahan kosong di depan rumah.

Taman minimalis akan sangat cocok dengan rumah berkonsep senada. Tak hanya rumah, taman pun bisa didesain sesederhana mungkin. Dengan bahan-bahan sederhana dan desain yang tidak terlalu rumit, Anda bisa menciptakan taman yang mengagumkan.

7 Inspirasi Desain Taman Depan Minimalis

1. Desain Taman Besar nan Modern

Desain Taman Besar nan Modern

Jenis taman yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki lahan luas di bagian depan rumah. Rumput hias dipakai untuk menutupi permukaan tanah. Jenis rumput yang bisa dipakai antara lain rumput jepang, rumput manila, atau rumput Swiss.

Selain rumput, Anda juga bisa menambahkan tanaman dari kelompok Sansevieria seperti lidah mertua. Tanaman kelompok ini memiliki bentuk minimalis dan mudah dirawat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko tanaman hias.

Tambahkan juga pijakan kaki atau jalan setapak yang bisa untuk berjalan. Anda bisa membuatnya dari bahan beton, paving block, atau kayu parket seperti di atas.

2. Taman Minimalis di Depan Jendela Kamar

Taman Minimalis di Depan Jendela Kamar

Tak punya halaman luas bukan berarti Anda tak bisa memiliki taman. Area di samping teras atau di depan jendela kamar bisa Anda sulap menjadi area taman yang indah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah media tanam berupa tanah.

Di sini Anda bisa membuat semacam kolam dari batu bata atau semacamnya. Kolam tersebut selanjutnya bisa diisi dengan campuran tanah dan pupuk. Kemudian Anda bisa menanam tanaman hias di sana. Anda juga tak memerlukan pot.

3. Konsep Halaman Depan Kontemporer

Konsep Halaman Depan Kontemporer

Konsep taman depan rumah yang satu ini bisa Anda aplikasikan di rumah yang memiliki halaman luas. Pada dasarnya, konsep ini sangat sederhana. Anda hanya perlu membuat pagar hidup dari tanaman yang berlapis-lapis.

Di lapisan pertama yang paling dekat dengan rumah, Anda bisa menanam tanaman pagar seperti teh-tehan. Di lapisan yang lebih luar, Anda bisa menggunakan tanaman yang tinggi tak melebihi pagar pertama. Sementara di lapisan terluar bisa Anda beri tanaman bunga-bungaan.

4. Taman Depan Konsep Gurun Pasir

Taman Depan Konsep Gurun Pasir

Desain taman ala gurun pasir bisa menjadi pilihan untuk Anda yang tak punya banyak waktu untuk merawat taman. Tanaman dari keluarga kaktus cenderung lebih mudah dirawat dibandingkan tanaman lainnya. Kebutuhan airnya juga minim sehingga tak perlu disiram setiap hari.

Beberapa jenis juga memiliki bunga nan cantik. Jadi, taman Anda tak akan terkesan monoton jika memilih tanaman yang tepat.

5. Taman Depan Minimalis Ala Jepang

Taman Depan Minimalis Ala Jepang

Gaya arsitektur Jepang sangat terkenal dengan konsep minimalisnya. Anda bisa mengadopsi gaya arsitektur Jepang tersebut untuk membuat taman depan di rumah minimalis. Taman ala Jepang sangat jarang menampilkan tanaman berbunga, berbeda dengan taman ala barat.

Jenis tanaman yang bisa Anda pilih antara lain rumput-rumputan, lumut, bambu hias, serta tanaman perdu. Jenis taman ala Jepang ini sangat cocok diaplikasikan untuk halaman rumah yang tidak begitu luas.

6. Ide Taman Minimalis dari Australia

Ide Taman Minimalis dari Australia

Australian landscape garden merupakan salah satu konsep taman yang minim perawatan. Taman jenis ini biasanya hanya menggunakan rumput hias sebagai tanaman utama. Selain itu juga ada tanaman hias daun yang tidak mudah mati dan mudah untuk dirawat.

Sebagai ornamen agar tak terkesan monoton, Anda bisa menambahkan pohon kecil di tengah taman. Jenis taman ala Australia ini bisa diaplikasikan pada lahan yang luas maupun sempit.

7. Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Taman Depan Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern yang Anda miliki akan semakin lengkap apabila mengaplikasikan desain taman di atas. Taman ini menggunakan tanaman seperti pohon pandan Bali dan sikas. Keduanya merupakan tanaman yang tak perlu banyak dirawat.

Di bagian alasnya, Anda bisa menggunakan batu-batu hias. Usahakan warna batu hias ini dominan putih agar warna hijau tanaman tampak lebih menonjol. Selain itu, batu hias warna putih juga sengaja dipilih agar match dengan warna rumah.

Desain taman depan minimalis di atas bisa Anda aplikasikan di rumah. Namun Anda juga perlu memperhatikan luas lahan yang tersedia. Sesuaikan ukuran tanaman dengan luas lahan agar taman tetap tampak indah dan rapi.

Tinggalkan komentar