8 Desain Pagar Rumah Minimalis dan Modern

Desain antara rumah dengan pagar seyogyanya dibuat senada supaya tampak harmonis. Desain pagar rumah minimalis lebih cocok diaplikasikan untuk rumah yang sudah mengusung konsep senada.

Di bawah ini terdapat 8 inspirasi desain pagar rumah dengan konsep minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Baca juga: Desain Tiang Teras Rumah Minimalis dan Mewah

8 Inspirasi Desain Pagar Rumah Minimalis

1. Pagar Rumah Monokrom

Pagar Rumah Monokrom

Rekomendasi desain pagar yang pertama ini menggunakan material besi yang dipadukan dengan dinding cor. Material besi yang dipakai memiliki bentuk pipih dan tidak banyak aksen. Bagian ini sangat selaras dengan konsep minimalis yang diusung untuk seluruh bagian hunian.

Pagar sengaja dibuat tidak terlalu tinggi untuk menampilkan bagian muka rumah. Dinding cor menopang pagar besi di sisi kanan dan kiri. Warna dinding pun dibuat berwarna hitam, senada dengan material besi. Looks pagar ini tampak simple namun elegan.

2. Pagar Kayu untuk Rumah Natural Minimalis

Pagar Kayu untuk Rumah Natural Minimalis

Punya hunian di tengah kota terkadang membosankan. Anda mungkin terlalu sering melihat bangunan beton, gedung dengan dinding kaca, dan lain sebagainya. Pagar rumah kayu di atas bisa mengobati kebosanan Anda.

Rumah dengan akses kayu menampilkan kesan natural. Warna-warna alami dari kayu sengaja dipertahankan sehingga pagar kayu di atas seperti memiliki pola tertentu.

3. Pagar Beton dan Kayu

Pagar Beton dan Kayu

Pagar kayu memang tampak natural namun kurang kokoh jika tak ada material penyangga lainnya. Gambar di atas menampilkan pagar rumah yang dibuat dari kombinasi antara material kayu dan beton. Beton yang ada merupakan elemen untuk menyangga pagar kayu supaya kokoh.

Dinding beton dibalut dengan warna hitam polos untuk mempertegas konsep minimalis. Warna hitam juga pilihan yang cukup bagus karena tidak mudah kotor. Sementara itu, semu kayu tidak dicat ulang dan warna alaminya dipertahankan.

4. Pagar Sederhana dan Kokoh

Pagar Sederhana dan Kokoh

Jenis pagar seperti gambar di atas sebenarnya sangat mudah dijumpai pada rumah-rumah di Indonesia. Dinding beton dibuat berbentuk huruf U kemudian ditambah dengan teralis di bagian tengah untuk mengisi kekosongan.

Pagar minimalis di atas menggunakan pelat besi berwarna hitam yang disusun bertumpuk. Model susunan ini secara otomatis mengurangi jumlah pelat yang harus digunakan. Tal lupa, bagian pintu pagar juga dibuat dari material pelat yang sama.

Baca juga: Dekorasi Teras Minimalis Depan Rumah yang Sederhana

5. Pagar Metal untuk Taman Rumah

Pagar Metal untuk Taman Rumah

Dilihat sekilas, desain pagar metal ini mirip seperti desain pagar sebelumnya yang menggunakan lempengan atau pelat besi. Namun rekomendasi pagar yang kelima ini memiliki ukuran metal penyusun yang berukuran lebih kecil.

Karena ukuran metalnya lebih kecil, otomatis diperlukan lebih banyak material untuk membuat pagar ini. Lempengan metal disusun tidak begitu rapat agar taman rumah bisa sedikit tampak dari luar. Warna hitam dan abu-abu sengaja dipilih untuk menyelaraskan dengan hunian.

6. Pagar Putih Minimalis

Pagar Putih Minimalis

Rumah berwarna putih bersih mencerminkan pemilik yang sangat menyukai kebersihan dan kesederhanaan. Rekomendasi desain pagar rumah kali ini sangat cocok untuk rumah minimalis berwarna putih.

Pagar putih ini dibuat setinggi kepala orang dewasa. Pagar dibuat menggunakan batu bata atau dinding beton. Sementara untuk akses keluar dan masuk rumah dibuat pintu geser dari bahan lempengan besi dengan aksen garis-garis horizontal.

7. Pagar Tembok yang Modern

Pagar Tembok yang Modern

Secara umum, model rumah di atas tampak lebih terbuka dengan pintu garasi mengarah langsung ke halaman. Sementara pagar untuk jalan masuk penghuni rumah dibuat di samping pintu garasi. Material yang dipilih untuk pagar adalah papan kayu.

Papan kayu tersebut disusun horizontal berumpuk. Warna asli kayu sengaja dipertahankan untuk menonjolkan kesan natural. Warna kayu tersebut sangat menyatu dengan warna abu-abu yang mendominasi seluruh bagian rumah.

8. Pagar Kayu Piket Khas Rusia

Pagar Kayu Piket Khas Rusia

Satu lagi desain pagar untuk rumah minimalis adalah desain kayu piket khas Rusia. Pagar jenis ini mengelilingi seluruh rumah. Sebagai penguatnya, pagar kayu piket sudah dilengkapi dengan pilar beton. Kemudian kayu disusun secara horizontal di antara dua pilar.

Sebagai finishing, Anda bisa menambahkan pelitur atau pernis. Penambahan lapisan tersebut berguna agar kayu lebih awet dan tahan air namun tak menutupi warna aslinya.

Baca juga: Desain Kanopi Rumah Minimalis Terbaru Kekinian

Pagar rumah tak hanya berfungsi untuk keamanan. Bagian ini juga berfungsi sebagai muka rumah. Oleh karena itu, Anda harus memilih desain pagar rumah minimalis yang terbaik. Intinya, sesuaikan pagar dengan desain rumah secara keseluruhan.

Tinggalkan komentar