8 Desain Kanopi Rumah Minimalis Terbaru Kekinian

Kanopi saat ini bukan saja atap tambahan yang dipasang pada hunian minimalis, untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Sudah banyak desain kanopi rumah minimalis, yang sangat berkarakter dan punya nilai estetika arsitektur yang tinggi.

Biar Anda tidak dibuat penasaran, berikut ini beberapa desain kanopi yang bisa jadi referensi untuk rumah idaman Anda.

Yuk Pilih Salah Satu 8 Desain Kanopi Rumah Minimalis Ini

Ada delapan desain kanopi yang cocok untuk rumah minimalis, bahannya gampang didapat dan penempatannya sangat tepat. Jadi, rugi jika Anda tidak coba menerapkannya untuk rumah sendiri.

1. Desain Kanopi Gantung

Desain Kanopi Gantung

Desain yang satu ini bisa dibuat dari perpaduan bahan kayu, dengan rangka baja ringan. Penempatannya bisa di bagian samping rumah yang terkena sinar matahari langsung, dengan sistem hidrolik. Jadi, ketika panas terik kanopi bisa diturunkan sedangkan pada sore hari bisa dinaikkan kembali.

Desain ini sangat cocok untuk rumah minimalis berbahan utama kayu, agar lebih menampilkan sisi vintage tapi tetap minimalis.

2. Desain Kanopi Skylight

Desain Kanopi Skylight

Kalau Anda punya ruangan terbuka di salah satu sisi luar rumah, mungkin Anda merasa tidak nyaman ketika terkena sinar matahari langsung. Apalagi jika musim hujan tiba, tanpa kanopi tentu furniture jadi cepat rusak dan butuh biaya lagi untuk memperbaikinya.

Akan berbeda jadinya jika menggunakan desain kanopi skylight ini, dimana terdapat perpaduan kayu sebagai bahan utama. Kemudian pada bagian tengah, diberi sentuhan kaca jenis tempered yang akan menjadi sumber cahaya di siang hari.

Alhasil kenyamanan maksimal tercipta saat menghabiskan waktu istirahat sore, bahkan menerima tamu penting sepanjang hari.

3. Desain Kanopi Alderon Gapura Minimalis

Desain Kanopi Alderon Gapura Minimalis

Desain ini sangat sederhana, tapi mampu menambah kemewahan pada hunian minimalis Anda. Tinggal memilih bahan Alderon jenis doff hitam, sehingga terlihat seperti gapura sebelum masuk ke dalam rumah utama.

Alderon dikenal sebagai bahan yang dibuat menggunakan Unplasticizide Polyvinyl Chloride, dengan kelebihan anti pecahnya dan tahan lama. Soal warna, sebenarnya bisa dipilih sesuai eksterior rumah agar tetap cocok dipadukan dengan konsep utama rumah Anda

4. Desain Kanopi Glass Fiber Collaboration

Desain Kanopi Glass Fiber Collaboration

Punya halaman belakang yang luas, tapi selama ini tak termanfaatkan karena minim pelindung. Saatnya Anda coba mengaplikasikan desain yang satu ini, dengan memadukan rangka baja ringan sebagai atap dan pondasi pakai kayu atau besi.

Sedangkan atap kanopi memadukan bahan kaca dan fiber, untuk memberikan penerangan tepat di siang dan malam hari. Selain itu, juga bisa memberikan nuansa beda karena halaman jadi lebih luas dan berestetika.

5. Desain Kanopi Glass Square

Desain Kanopi Glass Square

Teras memang jadi lokasi yang nyaman untuk menghabiskan sore hari, bersama keluarga. Memaksimalkan fungsi teras, bisa dengan menambahkan sentuhan desain kanopi ini. Pilih bahan kaca dengan desain square sederhana, tanpa banyak tambahan aksesoris.

Pastinya desain ini akan membuat teras terlihat lebih indah, nyaman dan bisa dieksplorasi penampilannya. Salah satunya dengan menambahkan furniture minimalis, berupa sofa hidrolik multifungsi.

6. Desain Kanopi Letter L

Desain Kanopi Letter L

Untuk bagian teras berbentuk letter L, Anda bisa memberikan desain kanopi menyesuaikan dengan desain  teras tersebut.

Tinggal memilih bahan kaca multifungsi, bisa memantulkan cahaya matahari atau meneruskannya langsung ke bagian dalam teras sesuai keinginan.

Desain ini juga bisa menggunakan sentuhan teknologi, tinggal tempatkan sensor cahaya pada bagian atapnya. Agar cahaya matahari secara otomatis bisa dikendalikan pancarannya, ke bagian teras tersebut.

7. Desain Kanopi Polycarbonate

Desain Kanopi Polycarbonate

Polycarbonate merupakan salah satu bahan kanopi yang banyak dipakai, karena memberikan efek terang dan indek bias maksimal. Anda tinggal ikuti desain ini, dan karakter rumah minimalis jadi lebih terlihat modern.

8. Desain Kanopi Merges Canopy

Desain Kanopi Merges Canopy

Jangan pesimis ketika teras Anda hanya secuil di depan pintu masuk, cukup aplikasikan desain merges canopy. Desainnya menyatu dengan dinding rumah inti, pemilihan bahan  juga mengikuti pemilihan bahan utama bagian depan rumah Anda.

Selain melindungi bagian depan rumah, juga akan menambah kesan futuristik pada rumah minimalis Anda. Berani mencoba?

Jangan takut bereksplorasi dengan desain kanopi rumah minimalis, pastinya akan membuat tampilan rumah semakin menakjubkan. Bukan saja dari segi pemanfaatan kawasan tanpa atap, juga memperkaya interior jadi lebih berkarakter sesuai keinginan

Tinggalkan komentar