8 Desain Dapur Kecil Sederhana Minimalis dan Modern

Dapur merupakan salah satu ruang yang harus ada dalam sebuah bangunan rumah. Bagaimana tidak? Bayangkan saja jika tidak ada dapur, sudah bisa dipastikan kegiatan rumah tangga tidak akan bisa berjalan. Lalu, bagaimana jika rumah hanya berkapasitas sempit? Nah, desain dapur kecil bisa dijadikan solusi yang paling tepat.

Inilah Inspirasi 8 Desain Dapur Kecil

Memiliki rumah yang berukuran sempit harus pintar-pintar dalam membagi ruangan. Termasuk dalam hal ini untuk memfungsikan ruangan yang tidak luas untuk bisa dijadikan dapur. Ini ada 8 inspirasi desain untuk dapur kecil.

Baca juga: Model Rak TV Minimalis, Simple dan Multifungsi

1. Dapur Kecil Nuansa Putih Skandinavia

Dapur Kecil Nuansa Putih Skandinavia

Bagi pemilik rumah yang memiliki luasan cukup sempit bisa memilih desain skandinavia dengan nuansa putih. Memang ciri khas dari corak skandinavia yaitu menonjolkan suasana putih yang dipadukan dengan kayu kecokelatan. Sedangkan, warna putih itu sendiri bisa memberikan kesan ruangan nampak lebih luas.

Demikian halnya dengan penerangan yang digunakan. Semakin terang pencahayaan, maka semakin terlihat luas pula penampakan dari dapur. Melakukan penataan perabotan dapur yang secukupnya dan pemilihan kabinet yang tidak terlalu rumit juga akan membuat dapur nampak lebih longgar.

2. Dapur Kecil Gaya Industrial

Dapur Kecil Gaya Industrial

Dapur kecil dengan gaya industrial juga cocok untuk hunian yang memiliki kapasitas luas sempit. Gaya industrial lebih menonjolkan penghilangan kabinet-kabinet yang cenderung banyak memakan tempat. Sebagai gantinya, penggunaan kabinet diambil alih oleh rak terbuka yang ditempelkan di dinding.

Sehingga, dapur akan nampak lebih longgar dan lega. Selain itu, ada keuntungan lain dari penggunaan rak terbuka yaitu perabotan dapur akan terhindar dari serangan jamur karena lembab. Bahkan, juga akan lebih mudah pula ketika mencari perabotan.

Baca juga: Desain Plafon Minimalis Modern untuk Rumah

3. Dapur dengan Mini Bar Island

Dapur dengan Mini Bar Island

Dapur dengan model island bisa membuat dapur sempit terlihat lebih luas. Dilengkapi mini bar yang diletakkan di tengah-tengah ruangan dapur. Mini bar ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi, diantaranya untuk persiapan memasak, menghidangkan makanan, hingga sebagai tempat makan.

Jadi, dapur akan terkesan lebih longgar. Apalagi juga ditambah dengan penerangan yang terang. Namun, hal itu bisa juga disiasati dengan mengaplikasikan cat warna terang pada sebagian besar permukaan dapur.

4. Dapur Kecil Berbentuk Koridor

Dapur Kecil Berbentuk Koridor

Dapur dengan bentuk koridor ditandai dengan area untuk berkegiatan di dapur yang saling berhadapan. Selain membuat area menjadi lebih termanfaatkan untuk bisa maksimal melakukan kegiatan dapur, juga menghemat ruangan dapur. Tak hanya itu, dapur juga akan terlihat lebih rapi dan longgar.

Agar gerakan untuk melakukan kegiatan di dapur lebih efisien, sebaiknya membagi area berdasarkan urutan ketika memasak. Salah satu bagian digunakan untuk memasak, jadi untuk bagian ini kompor serta tempat persiapan ditempatkan di sini. Sementara, bagian yang lain lebih difungsikan untuk mencuci, bersih-bersih, dan sebagainya.

5. Dapur Mungil Huruf G

Dapur Mungil Huruf G

Dapur mungil yang membentuk huruf G juga sangat cocok bagi rumah yang hanya berluasan sempit. Dapur tipe ini menyerupai sebuah kotak yang salah satu sisinya terdapat space. Space tersebut berguna sebagai pintu masuk.

Sebenarnya, desain tipe ini merupakan pengembangan dari desain dapur bentuk U. Hanya saja ditambah space layaknya sebuah pintu untuk masuk. Meskipun akan nampak terlihat kompleks, desain dapur bentuk G ini menyediakan meja dan tempat penyimpanan yang banyak.

Baca juga: Desain Tiang Teras Rumah Minimalis dan Mewah

6. Dapur Kecil Linier

Dapur Kecil Linier

Tipe dapur kecil linier menampilkan susunan kabinet yang memanjang sekaligus untuk menampung semua fungsi dapur. Untuk dapur ini tidak ada pembagian antara dapur kotor dengan dapur bersih. Karena, semua menjadi satu dalam sisi yang sama.

7. Dapur Kecil Linier Ala Skandinavian

Dapur Kecil Linier Ala Skandinavian

Masih dengan dapur dengan tipe linier, namun mengambil corak skandinavian. Memang desain dapur linier sangat cocok untuk rumah hunian yang sempit. Sebab, tipe ini tidak akan memakan ruang yang banyak. Terlebih ditambah dengan paduan skandinavian, pasti menyuguhkan tampilan dapur yang longgar.

8. Dapur Kecil Linier dengan Jendela Lebar

Dapur Kecil Linier dengan Jendela Lebar

Dapur dengan jendela yang lebar juga akan menambah kesan luas pada ruangan. Mengapa demikian? Karena, dengan adanya jendela akan membuat cahaya mudah masuk ke dalam dapur. Sehingga, hal itu akan membuat dapur tidak akan terkesan sempit.

Baca juga: Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana dengan Balkon

Kini tidak perlu bingung-bingung lagi jika memang rumah hunian Anda berukuran sempit. Semua itu bisa diantisipasi dengan mengaplikasikan salah satu desain dapur kecil yang telah disebutkan di atas. Cukup menginspirasi, bukan?

Tinggalkan komentar